• Home
  • Viral
  • Jokowi: Bahan Konstruksi LRT Palembang 95% Lokal

Jokowi: Bahan Konstruksi LRT Palembang 95% Lokal

By on July 14, 2018 0 6 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, konstruksi LRT di Palembang menggunakan 95% bahan lokal. Dia bilang, hanya bagian mesin kereta saja yang 100% didatangkan dari Jerman.

“Yang saya senang, seluruh konstruksi hampir 95% dikerjakan dengan bahan lokal. Local contain nya 95%. Keretanya kurang lebih 40% jika dikerjakan oleh INKA untuk gerbong dan gerbong 100% hanya mesin yang berasal dari Bombardier, Jerman,” ujar Jokowi kepada wartawan di Stasiun Jakabaring, Palembang, Sumsel, Jumat (13/7/2018).

Soal kapan LRT Palembang diresmikan, Jokowi menjelaskan saat ini masih dalam tahap sertifikasi. Dalam waktu cepat LRT Palembang akan diresmikan.

“Ini kan baru ada uji sertifikasi, kalau nanti selesai semua pasti dijalankan. Yang penting tadi sudah kita coba dan dalam kecepatan yang tinggi, agak ngerem sedikit sangat belok,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, akan ada 3 rute LRT lainnya di Palembang. Jokowi ingin masyarakat beralih menggunakan transportasi massal, salah satunya LRT.

“Memang di Palembang ada 4 rute yang trase nya direncakan dan disiapkan. Ini baru 1 rute, tapi saya ingin agar kereta ringan LRT Palembang bisa dijadikan contoh kota besar di Indonesia yang saya kira mulai padat dan macet dan membutuhkan transportasi massal. Dan ini akan lebih efisien dibanding dengan mobil,” terangnya.

Dengan alokasi pembiayaan yang berasal dari APBN sebesar Rp 10,9 triliun, jalur LRT Palembang akan menghubungkan Bandara Internasional Mahmud Badaruddin II menuju kawasan Jakabaring sport city serta stasiun tujuan akhir, Sta. DJKA sepanjang 22,3 km. Dibangun dengan konsep konstruksi elevated track (jalur layang), LRT Palembang menjadi LRT yang pertama kali dibangun serta dioperasikan di Indonesia.

Dengan beroperasinya LRT Palembang, diharapkan akan membawa perubahan yang akan menjadi tren budaya baru bagi masyarakat Sumatera Selatan dalam menggunakan transportasi umum.

Share
Leave a comment