• Home
  • Trending
  • Pemprov Papua Dapat Jatah 10% dari 51% Saham Freeport

Pemprov Papua Dapat Jatah 10% dari 51% Saham Freeport

By on Juli 13, 2018 0 50 Views

Pemerintah Indonesia melalui PT Inalum Persero berhasil mencaplok 51% saham PT Freeport Indonesia, yang pada awalnya porsi saham pemerintah Indonesia hanya 9,36% saja.

Diperlukan waktu sampai tahunan untuk menyelesaikan proses akuisisi saham Freeport ini, dan rampung pada Juli 2018 ini. Pemerintah membutuhkan dana sebesar US$ 3,85 Miliar atau sekitar 53,9 Triliun.

Budi Gunadi Sadikin yang adalah Direktur utama Inalum mengatakan salah satu keuntungan dari akuisisi ini  adalah akan mendapatkan setengah dari keuntungan yang didapatkan Freeport Indonesia.

Sejauh ini profit Freeport Indonesia mencapai US$ 2 Miliar per tahun.

Pemerintah sebagai pemegang saham mayoritas sekaligus dapat memegang kendali untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat papua. Salah satu kebijakan pemerintah adalah memberikan jatah 10% dari 51% saham tersebut kepada pemerintah provinsi Papua dan  kabupaten Mimika.

Pemerintah juga sekaligus akan menjadi penjamin kepastian investasi yang akan berdampak pada peningkatan dividend an penerimaan pajak negara.

“Berdasarkan harga tembaga di masa depan, antara USD 60-90 miliar. Di bawah struktur baru kami, lebih dari 70% dari keuntungan akan diberikan kepada pemerintah, melalui pajak, royalti, dividen kepada Inalum,” kata Richard, CEO Freeport.

Baca Juga : Presiden Jokowi perintahkan renovasi rumah Zohri

Leave a comment