• Home
  • Terbaru
  • Polisi Usut 137 Laporan Pelanggaran Pilkada Serentak Jabar

Polisi Usut 137 Laporan Pelanggaran Pilkada Serentak Jabar

By on June 26, 2018 0 11 Views

Polda Jawa Barat akan terus memproses kasus tindak pidana pemilu tanpa harus menunggu proses pencoblosan atau masa penetapan berakhir. Beberapa kasus yang dilaporkan, kini dalam proses penyelidikan.

“Untuk kasus tindak pidana pemilu yang terlapornya bukan calon, langsung dilakukan penyidikan dan pemberkasan,” ujar Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Kawasan Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (26/6/2018).

Baca Juga: KPU Surabaya Musnahkan 1.423 Lembar Surat Suara

Agung mengatakan proses penyelidikan terhadap kasus tindak pidana pemilu telah sesuai aturan yang berlaku. Aturannya, kata dia, tanpa menunggu proses Pilkada selesai sehingga akan terus dilakukan penyelidikan.

“Ya memang, sesuai aturannya begitu. Asalkan bukan calon (terlapornya),” katanya.

Sementara itu Di Reskrimum Kombes Umar Surya Fana mengatakan sejauh ini ada 137 laporan pelanggaran Pilkada di Jabar. Dari jumlah tersebut 72 di antaranya merupakan kategori tindak pidana pemilu.

“Ada 72 yang termasuk kategori laporan tindak pidana. Statusnya sekarang sedang proses,” ucap Umar.

Sementara untuk laporan lain merupakan pelanggaran administrasi, ASN dan pelanggaran hukum lain. Pelanggaran selain laporan dengan kategori tindak pidana diselesaikan oleh Bawaslu.

Baca Juga : 1.623 Korban Banjir Bandang Banyuwangi Nyoblos di TPS Darurat

Share
Leave a comment