• Home
  • Terbaru
  • Ini Syarat Pendamping Disabilitas di Pencoblosan Pilgub Jabar

Ini Syarat Pendamping Disabilitas di Pencoblosan Pilgub Jabar

By on June 26, 2018 0 15 Views

Pencoblosan Pilgub Jabar 2018 digelar Rabu 27 Juni 2018. Pihak penyelenggara mulai KPU hingga pemerintah terus mempersiapkan pesta demokrasi lima tahunan tersebut berjalan lancar. Termasuk menyiapkan pendamping bagi pemilih kalangan difabel, manula dan pemilih lainnya.

Baca Juga :Cegah Kecurangan, Ini yang Dilakukan Panwaslu Kabupaten Pasuruan

Komisioner KPU Jabar Endun Abdul Haq menjelaskan pendamping ini disiapkan untuk mendampingi para calon pemilih yang membutuhkan bantuan. Para pemilih boleh ditemani pendamping, baik dari petugas atau pihak keluarga, saat memberikan hak pilihnya.

“Pemilih yang perlu didampingi tidak hanya disabilitas, manula dan yang perlu didampingi, ketentuannya boleh didampingi oleh pendamping,” ujar Endun di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (26/6/2018).

Dia mengungkapkan saat calon pemilih tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti ditanya petugas apakah akan didampingi keluarga atau petugas yang berada di TPS. Tapi paling penting ialah para pendamping tersebut harus menandatangani formulir C3 atau surat pernyataan akan merahasiakan hasil pilihan dari pemilih.

“Administrasinya pendamping itu menandatangani form C3 atau pernyataan pendamping pemilih untuk merahasiakan,” kata Endun.

KPU menyiapkan sebanyak 10 formulir C3 di setiap TPS. Di Jabar tercatat ada 74.944 TPS untuk Pilgub Jabar 2018 dengan jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 31.735.133 orang.

“Kita sediakan form C3 itu sepuluh setiap TPS,” ucap Endun.

Baca Juga : Paslonnya Yakin Menang, PD Surabaya Siapkan Ribuan Saksi

Share
Leave a comment