Sampah di Tegal Capai 600 Ton Per Hari

By on June 25, 2018 0 12 Views

Selama libur lebaran, volume sampah di Kabupaten Tegal mengalami peningkatan dua kali lipat. Jenis sampah yang dihasilkan sebagian besar merupakan sampah anorganik seperti kantung kresek, berbagai jenis bahan plastik, dan botol minuman kemasan.

“Selama libur panjang lebaran, terjadi peningkatan produksi sampah. Volumenya dua kali lipat dari hari biasa,” terang Kepala DLH Kabupaten Tegal, Agus Subagyo kepada wartawan, Senin (25/6/2018).

Baca Juga : Saat Mau Kuburkan Sapi, Warga Jombang Ini Malah Temukan Bahan Peledak

Data di kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tegal menyebut, selama libur Lebaran 2018, volume sampah yang dihasilkan meningkat hingga mencapai 600 ton per hari. Sementara, pada hari-hari biasa, volume sampah hanya mencapai setengahnya atau 300 ton per hari.

Sampah-sampah itu menumpuk di sejumlah lokasi seperti tempat pembuangan sementara, pusat keramaian, jalan protokol, alun-alun dan taman-taman rakyat.

“Tidak kalah banyak, sampah juga banyak ditemukan di objek-objek wisata,” imbuhnya.

Pihaknya telah menerjunkan semua petugas agar gunungan sampah tidak meluber hingga ke jalan, atau keluar dari bak TPS. Mereka dikerahkan untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir di Desa Penujah Kecamatan Kedungbanteng.

“Petugas saya perintahkan kerja lembur untuk membersihkan dan mengangkut sampah hingga ke TPA,” jelasnya.

Baca Juga : Saat Mau Kuburkan Sapi, Warga Jombang Ini Malah Temukan Bahan Peledak

Pekerja yang diterjunkan menangani timbunan sampah mencapai ratusan personel. Total ada 326 tenaga kebersihan yang statusnya pekerja harian lepas dan petugas yang berstatus PNS sebanyak 33 orang. Armada sampah yang ada pun semua dikerahkan untuk mengangkut sampah-sampah ini. Ada 25 truk jenis dump, 4 truk jenis arm roll atau bak bergerak dan 17 kendaraan roda tiga.

Share
Leave a comment