• Home
  • Trending
  • Polisi dan TNI Kedepankan Intelijen dalam Pengamanan Pilkada Langkat, 605 Personel Disebar

Polisi dan TNI Kedepankan Intelijen dalam Pengamanan Pilkada Langkat, 605 Personel Disebar

By on June 25, 2018 0 3 Views

Kepolisian Resort Langkat telah melaksanakan Rapat Koordinasi antara Kapolres Langkat dengan KPU, Panwaslih, Panitia Pemilih Kecamatan bertempat di Aula Wirasatya Polres Langkat, Sabtu (23/6/2018).

Rakor dipimpin oleh Kapolres Langkat AKBP Dedy Indriyanto, Dandim 0203 Langkat, Ketua KPU Langkat, Mewakili Panwaslih, masing masing Panwascam, Kasat Intelkam dan Kapolsek sejajaran Polres Langkat serta KBO Sat Reskrim.

Kapolres Langkat mengharapkan pihak penyelenggara Pilkada bisa berkerja sama yang baik dan jangan penyelenggara mencederai peserta demokrasi tahun ini. Dedy mengimbau Polri-TNi bersikal netral dan tidak memberikan pengaruh pilihan politik.

“Personil Polri dan TNI intinya bersikap netral dalam pelaksanan Pilkada dan TNI dan Polri siap mengamankan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018.

Polres Langkat telah mengedepankan fungsi intelijen dan pelayanan terpadu serta melakukan pemetaan tentang potensi dan ancaman situasi Politik di Kabupaten Langkat selama proses Pemilu berjalan,” tegasnya, Minggu (24/6/2018)

Posko Sentra Gakkumdu berada di Polres Langkat, untuk saat ini belum menemukan dan menerima adanya laporan pelanggaran selama proses Pemilu di Kabupaten Langkat Tahun 2018.

Kapolres meminta instansi terkait, penyelenggara dan peserta pemilukada Kabupaten Langkat tahun 2018 untuk menyusun nota kesepakatan dalam rangka menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif.

Selain itu, ditegaskan Kapolres, penegakan hukum terhadap pelaku pelanggaran hukum akan dilakukan secara tegas, tuntas, tidak diskriminatif dengan didukung oleh instansi terkait dalam wadah sentra Gakkumdu dan Polres Langkat.

“Dalam hal ini telah dipersiapkan personel pengamanan yang berjumlah 605 personel,” katanya.

Selanjutnya, Polres juga mengawal proses pendistribusian logistik Pilkada dengan bersenjata lengkap guna menjamin keamanan selama proses distribusi. Pelepasan Distribusi logistik pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Langkat Tahun 2018 secara simbolis telah dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Langkat dan unsur Forkopimda Kabupaten Langkat.

“Surat suara dan logistik Pilkada akan didistribusikan ke 23 (dua puluh tiga) PPK yang ada di wilayah Kabupaten Langkat (20 wilkum Polres Langkat dan 3 Wilkum Polres Binjai) dengan mendapat pengamanan dari personel Sat Sabhara Polres Langkat dan didampingi petugas dari KPU Kabupaten Langkat,” jelasnya.

Setelah apel pergeseran pasukan, dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pilkada Damai dan Berintegritas Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur juga Bupati-Wakil Bupati Langkat tahun 2018. Apel pergeseran pasukan selesai dilaksanakan dalam situasi aman dan Kondusif.

Sementara Dandim 0203 Langkat, Letkol Inf Deny Eka Gustian menyampaikan, TNI bersama Polri siap mengamanakan Pilkada dan pengamanan distribusian Logistik ke daerah-daerah yang terpencil. TNI juga melaksanakan patroli bersama Polri di tempat tempat yang dianggap rawan. TNI mempersiapkan pengamanan sebanyak 1000 personil dlm pelaksanaan Pilkada.

Share
Leave a comment