• Home
  • Trending
  • Hanya Pakai Jangkar Sederhana, Relawan dan Petugas Banting Tulang Cari Bangkai KM Sinar Bangun

Hanya Pakai Jangkar Sederhana, Relawan dan Petugas Banting Tulang Cari Bangkai KM Sinar Bangun

By on June 25, 2018 0 14 Views

-Terombang-ambing di dalam kapal oleh ombak, tidak menyurutkan niat para relawan yang sedang melakukan pencarian para korban KM Sinar Bangun di Perairan Danau Toba, Senin (25/4/2018). Dengan peralatan yang minim mereka terus berupaya.

Bermodalkan tali, jangkar, sarung tangan mereka bergerak dari Pelabuhan Simanindo menuju sekitar titik koordinat yang diduga menjadi tempat terakhir tenggelamnya KM Sinar Bangun.

Demi misi kemanusiaan, kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan kepentingan pribadi mereka tinggalkan.

Datang dari berbagai latar belakang, semuanya menyatukan persepsi, bahu-membahu. Berkontribusi sebagai wujud kepedulian atas duka di atas danau akibat karamnya KM Sinar Bangun pada Senin 18 Juni 2018 lalu.

Di antara rombongan tersebut, personel polisi dan TNI. Boru Silalahi, petugas Medis tidak tinggal diam. Perempuan bertubuh gemuk ini mengerahkan seluruh energinya. Dia ikut menarik tali jangkar seberat puluhan kilo itu.

Metode yang mereka pakai pada pencarian yaitu melakukan penyisiran menggunakan jangkar.

Jangkar yang mirip garpu tanah diikat pada tali. Masing-masing, sisi paling pinggir jangkar sepanjang lima meter ini diikat sebagai penyeimbang. Lalu dihubungkan ke tali yang tersangkut di bagian tengah.

Tali bagian tengah inilah disambungkan ke dalam kapal. Tali dalam kapal diulur hingga ke dasar danau, Kemudian ditarik dengan tenaga kapal, berharap bagian dari bangkai KM SInar Bangun tersangkut di jangkar.

Pada jangkar itu juga ditempeli paku yang diharpakan bisa tersangkut baju korban yang hilang dan ikut tertarik ke permukaan.

Share
Leave a comment