• Home
  • Trending
  • Yok ke Penangkaran Asam Kumbang, Foto Bersama Buaya Cuma Rp 5.000

Yok ke Penangkaran Asam Kumbang, Foto Bersama Buaya Cuma Rp 5.000

By on June 24, 2018 0 11 Views

Maumu.com, MEDAN – Menghabiskan masa libur Lebaran, banyak tempat wisata yang dipilih. Salah satunya adalah Taman Buaya Asam Kumbang. Lokasi ini berada di Jalan Bunga Raya, Kecamatan Medan Selayang. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan ratusan buaya yang diperlihara mulai dari yang baru menetas hingga paling tua berusia 45 tahun.

Salah satu pengunjung, Melania Sihombing, warga Jalan Ayahanda mengatakan, ia dan keluarga setiap tahun berkunjung ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini.

Tiket masuk ke tempat ini Rp 10 ribu per orang, baik untuk dewasa maupun anak-anak.
Saat memasuki pintu penangkaran, di sisi sebelah kanan pengunjung akan melihat bak-bak yang terbuat dari batu dan berpagar kawat di bagian atas. Isinya adalah buaya mulai yang kecil hingga yang besar.

Bak tersebut berisi kelompok buaya sesuai umurnya. Ada juga sebuah kolam yang berisi buaya. Selintas seperti kayu, namun itu adalah buaya hidup.

“Permukaan danau berwarna hijau, menyamarkan keberadaan buaya-buaya di dalamnya. Hewan reptil ini tampak seperti kayu yang mengapung,” ungkap Melania.

Sementara itu, pengunjung lainnya, Rahmawati Siregar asal Sibolga mengatakan, baru pertama kali datang ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang ini diajak temannya.

“Ini pertama kalinya saya datang ke tempat ini. Saat saya masuk ke Taman Buaya Asam Kumbang ini, saya kaget, karena buayanya besar-besar gitu, tapi lama lama jadi terbiasa dan menyenangkan,” ujarnya.

Rahmawati menjelaskan, di tempat ini terdapat beragam umur buaya. Dari yang masih kecil usia satu tahun hingga umur 45 tahun.

“Buaya yang umur 45 tahun itu, umurnya udah lama dan ukurannya luar biasa besar. Ada juga buaya yang ekornya enggak ada, unik. Selain itu, di sini ada ular piton yang besar dan monyet,” tuturnya.

Ia sangat tertarik dengan tempat ini. Di sini pengunjung juga bisa berfoto dengan buaya, dengan tarif Rp 5.000. Saat berfoto, tentu didampingi bersama sang pawang.

“Saya sangat tertarik dengan tempat ini, karena aman dan nyaman. Cocoklah untuk dikunjungi. Pesan saya buat pengunjung yang datang, datanglah dengan aman dan tertib. Buanglah sampah pada tempatnya agar tempat ini tetap bersih dan nyaman,” tutup Rahmawati.

Share
Leave a comment